Peran Kopersai dalam Memajukan Ekonomi Indonesia


PERAN KOPERASI DALAM MEMAJUKAN EKONOMI INDONESIA



Makalah ini Diajukan sebagai Tugas Akhir pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi Semester 5 Program Studi Ekonomi Syariah Kelompok 1 Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone.

Oleh:

SUSANTI
NIM:01123020







SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
WATAMPONE
2014


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, merupakan kata yang pantas dan senantiasa kita ucapkan setiap saat karena berkat inayah dan rahmat-Nyalah sehingga apa yang kita lakukan setiap waktu senantiasa bermanfaat dan bernilai ibadah disisi-Nya. Begitupun shalawat dan salam selalu kita kirimkan kepada baginda utusan Allah Muhammad SAW sebagai nabi pelopor kebenaran dan pembawa cahaya dan penyempurna akhlak umat manusia.
Selesainya makalah ini merupakan usaha dari penulis, dan bantuan rekan-rekan tentunya. Dalam makalah ini penulis mengangkat Tentang “ Peran Koperasi dalam Memajukan Ekonomi Indonesia
Semoga dengan hadirnya makalah ini dapat menambah khasanah pengetahuan kita, serta semoga kekurangan-kekurangan yang ada dalam makalah ini dapat kita benahi bersama, demi tercapainya tujuan yang kita harapkan bersama.
                                                                                               
                                                                                                                                                                  Watampone, 24 Desember  2014


                                                                                                Penulis



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                                                                                          i
KATA PENGENTAR                                                                                        ii
DAFTAR ISI                                                                                                    iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang                                                                                                 1
B.     Rumusan dan Batasan Masalah                                                                        1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Peran Koperasi dalam memajukan ekonomi indonesia                                         2
B.     Peran  Usaha Kecil Menengah dan Koperasi dalam  meningkatkan  kesejahteraan masyarakat kecil           5                                                                                                              
BAB III PENUTUP
Kesimpulan                                                                                            7
DAFTAR PUSTAKA                                                                                       8



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Koperasi adalah suatu perkumpulan dari orang-orang yang atas dasar persamaan derajat sebagai manusia, dengan tidak memandang haluan agama dan politik secara sukarela masuk untuk sekedar memenuhi kebutuhan bersama yang bersifat kebendaan atas tanggungan bersama.
Koperasi di indonesia memiliki peranan yang cukup penting dalam menggerakkan perekonomian. Hal ini ditandai ditandai dengan adanya undang-undang No 25 1992  tentang perkoperasian. Pembangunan koperasi mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan jika diukur dengan jumlah koperasi, jumlah anggota, aktiva dan volume usaha.
Dalam rangka pembangunan ekonomi bangsa indonesia, koperasi mempunyai kedudukan dan fungsi penting secara bersama-sama dengan badan usaha milik negara atau swasta melakukan berbagai usaha demi tercapainya kesejahteraan seluruh rakyat indonesia.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka makalah ini akan membahas tentang
A.    Bagaimanakah Peran Koperasi dalam kemajuan ekonomi indonesia?
B.     Bagaimanakah peran UKMK  dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil?

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Peran Koperasi Dalam Memanjukan  Ekonomi Indonesia
Secara garis besar dalam perekonomian indonesia peran koperasi paling tidak dapat dilihat dari beberapa hal, diantaranya:
1.      Kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi diberbagai sektor.
2.      Penyedia lapangan kerja yang terbesar
3.      Pemain penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat
4.      Pencipta pasar baru dan sumber inovasi
5.      Sumbangannya dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor.[1]
 Pemberdayaan koperasi secara terstruktur dan berkelanjutan diharapakan akan mampu menyelaraskan struktur perekonomian nasional, mempercepat pertumbuhan ekonomi nasioanal, mengurangi tingkat pengangguran terbuka, menurunkan tingkat kemiskinan, mendinamisasi sektor rill, dan memperbaiki pemerataan pendapatan masyarakat. Pemberdayaan koperasi  juga akan meningkatkan pencapaian sasaran di bidang pendidikan, kesehatan, dan indikator kesejahteraan masyarakat indonesia lainnya.
Sulit untuk mewujudkan keamanan yang sejati, jika masyarakat hidup dalam kemiskinan  dan tingkat pengagguran yang tinggi. Sulit mewujudkan demokrasi yang sejati, jika terjadi ketimpangan ekonomi di masyarakat.
Fungsi (peranan dan tugas) koperasi indonesia dalam memajukan ekonomi ada 5 peran diantaranya, yaitu:[2]
1.  Mempersatukan, mengarahkan, dan mengembangkan daya kreasi, daya cipta serta daya usaha rakyat, terutama mereka yang serba terbatas kemampuan ekonominya agar mereka dapat turut serta dalam perekonomian.
2.  Koperasi bertugas meningkatkan pendapatan dan  menimbulkan pembagian yang adil dan merata atas pendapatan tersebut.
Kalau pada masa sebelum berkembangnya koperasi di lingkungan industri-industri kecil produksi yang ditangani  rakyat (kecil/lemah) banyak dikuasai pengijon atau pengusaha-pengusaha besar yang menerapkan sistem maakloon, maka dengan berkembangannya koperasi di lingkunan mereka usaha-usaha industri kecil dapat berkembang dengan bebas karena adanya pembinaan dan  pengarahan dari instansi-instansi yang terkait, para petugas penyuluhan lapangan dan bantuan permodalan berupa kredit dari Bank rakyat Indonesia maupun Bank Umum Koperasi.
3.  Koperasi bertugas mempertinggi taraf hidup dan kecerdasan bangsa indonesia.
-          Faktor internal
Para anggota dalam wadah koperasi dapat saling tukar pengalaman dalam pengelolaan ushanya, cara-cara yang telah baik akan lebih ditingkatkan sedang cara-cara yang kurang baik akan diperbaiki.
-          Faktor Eksternal
Dengan telah terdaftarnya koperasi itu sebagai badan hukum pada departemen koperasi  dan pemberitahuan bidang usahanya pada instansi-instansi terkait(departemen perindustrian, pertanian dan peternakan) maka instansi-instansi itu (melalui para penyuluh lapangan) akan aktif melakukan pembinaan dan arahan, dengan demikian apa yang telah terjadi/mampu dilaksanakan akan lebih ditingkatkan lagi keadaannya.
Peningkatan kemapuan berusaha dengan sendirinya akan meningkatkan taraf hidup dan kecerdasan dan bila sebagian besar rakyat bergabung dalam koperasi maka peningkatan-peningkatan tersebut akan menjangkautaraf hidup dan kecardasan bangsa.
4.  Koperasi berperan secara aktif dalam membina kelangsungan perkembangan demokrasi ekonomi.
5.  Koperasi berperan serta aktif dalam menciptakan lapangan kerja baru.
Berbagai bidang usaha koperasi sesungguhnya telah menciptakan nlapangan kerja baru atau membuka lapangan kerja baru baik bagi para anggota dan keluarganya atau anggota masyarakat pada umumnya, dan hal ini akan terlihat paling menonjol pada usaha koperasi produksi. Kita perhatikan saja koperasi pengolah hasil pertanian, misalnya koperasi tahu-tempe, disini lapangan kerja yang dapat dimanfaatkan oleh penganggur agak luas, yang dapat mengisi bagian administrasi, bagian produksi dan pemasaran. Terkait dengan sistem pemasaran, dalam hal ini ada beberapa pendekatan pemasaran (marketing Approach) yang secara umum ruang lingkup funsi pemasaran tidak saja mencangkup kegiatan penjualan tetapi juga kegiatan seperti:[3]
-          Pembelian
-          Pengundangan
-          pembelanjaan
B.     Peran Usaha Kecil Menengah Koperasi dalam  meningkatkan Kesejahteraan masyarakat kecil
Koperasi merupakan sektor usaha yang memiliki jumla terbesar dengan daya serap angkatan kerja yang signifikan . seperti pada usaha kecil, menengah dan koperasi (UKMK) merupakan sektor usaha ekonomi yang penting dalam perekonomian indonesia khususnya masyarakat kecil. Hal ini dikarenakan, usaha kecil menengah dan koperasi merupakan sektor usaha yang memiliki jumlah terbesar dengan daya serap angkatan kerja yang signifikan.oleh karena itu kesenjangan pendapatan yang cukup besar masih terjadi antara pengusaha besar dan pengusaha kecil, menengah dan koperasi (UKMK), pengembangan daya saing UKMK, secara langsung merupakan upaya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat banyak sekaligus mempersempit kesenjangan ekonomi.
Keberadaan UKMK( Usaha Kecil Menengan dan Koperasi) sebagai tulang punggung perekonomian  kota menjadi perhatian khusus. Konstribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi, usaha kecil, menengah dan koperasi hanya memberikan konsribusi sebesar 16,4% sedangkan usaha besar 83.6%. [4]
Dengan adanya Usaha Kecil Menengah Koperasi ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarkat diataranya yaitu;
1.      Membuka lapangan pekerjaan
Adanya UKMK tentunya membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi masyarakat.
2.      Menjadi penyumbang terbesar nilai produk domestik bruto
3.      Salah satu solusi efektif bagi permasalahan ekonomi masyarakat kelas kecil dan menengah.
Dengan adanya program ini tentunya akan membuat banyak masyarakat dari golongan menengah kebawah untuk bisa berfikir secara kreatif dalam membangun usaha tanpa harus memegang modal besar terlebih dahulu.[5]





BAB III
PENUTUP
            Kesimpulan
Peran koperasi dalam kemajuan ekonomi indonesia yaitu:
-          Mempersatukan, mengarahkan, dan mengembangkan daya kreasi, daya cipta serta daya usaha rakyat, terutama mereka yang serba terbatas kemampuan ekonominya agar mereka dapat turut serta dalam perekonomian.
-          Koperasi bertugas meningkatkan pendapatan dan  menimbulkan pembagian yang adil dan merata atas pendapatan tersebut.
-          Koperasi bertugas mempertinggi taraf hidup dan kecerdasan bangsa indonesia.
-          Koperasi berperan secara aktif dalam membina kelangsungan perkembangan demokrasi ekonomi.
-          Koperasi berperan serta aktif dalam menciptakan lapangan kerja baru.









DAFTAR PUSTAKA

Edilius dan Sudarsono, Manajemen Koperasi Indonesia, Cet.4; Jakarta : Rineka Cipta, 2007

Kartasapotra DKK, Praktej pengelolaan Koperasi Cet.2 ; Jakarta : Rineka Cipta, 1991

Http://Elsyanastella.blogspot.com

Http://Herdy92.wordpress.com/2013/01/26/peranan-koperasi-dalam-perekonomian-indonesia.html

Http://Iqbalkhoziana.blogspot.com


[1]Herdy92.wordpress.com/2013/01/26/peranan-koperasi-dalam-perekonomian-indonesia.html
[2] Kartasapotra DKK, Praktej pengelolaan Koperasi (Cet.2 ; Jakarta : Rineka Cipta, 1991), h. 3-5
[3] Sudarsono dan Edilius, Manajemen Koperasi Indonesia, (Cet.4; Jakarta : Rineka Cipta, 2007), h. 68-69
[4] http://Elsyanastella.blogspot.com

[5] http://Iqbalkhoziana.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer